Menghias Dokumen Dengan Ornamen
Indonesia Website Awards
Skip to main content

Menghias Dokumen Dengan Ornamen

Menghias Dokumen Dengan Ornamen
J
ika kita melihat kartu undangan atau kartu ucapan, baik ucapan selamat ulang tahun, ucapan selamat hari raya, selamat atas pernikahan, atau ucapan selamat lainnya. Seringkali kita lihat kalimat-kalimat di dalamnya dibingkai dengan hiasan atau ornamen yang menarik. Ornamen adalah komponen dari suatu seni yang ditambahkan atau sengaja dibuat untuk tujuan sebagai hiasan. Demikian pula halnya dalam LaTeX, kita bisa menghias dokumen dengan ornamen LaTeX setelah kita memanggil paket yang berkaitan dengan ornamen dan memberikan perintah-perintah di dalam dokumen tersebut. Perhatikan gambar berikut.
ornamen latex
Dalam kesempatan ini, Admin akan memberikan panduan sederhana dalam menghias dokumen dengan ornamen LaTeX. Ikuti panduan berikut ini.

Ornamen di sudut halaman

Di sini ornamen ditempatkan hanya pada sudut halaman yang dibuat, tidak memenuhi seluruh tepi halaman. Perhatikan gambar berikut.
ornamen LaTeX
Langkah pertama adalah siapkan kelas dokumen artikel dan paket-paket pendukungnya seperti terlihat pada kode berikut.
\documentclass{article}
\usepackage[dvipsnames]{xcolor}
\usepackage{tikzrput}
\usepackage{pgfornament}
Kemudian pada badan dokumen kita tuliskan perintah sebagai berikut.
\begin{document}
\begin{tikzpicture}[color=Maroon,
every node/.style={inner sep=0pt}]
...
\end{tikzpicture}
\end{document}
Dalam hal ini Admin menggunakan warna maroon untuk pewarnaannya. Untuk memudahkan dalam mengatur ukuran ornamen, dan letak dari teks yang akan disisipkan maka kita buat dulu sebuah kotak persegi dan garis-garis bantu di dalamnya menggunakan kode perintah sebagai berikut. 
\draw[ultra thick] (-6,-6) rectangle (6,6);
\draw[help lines] (-6,-6) grid (6,6);
Dalam hal ini Admin menggunakan kotak persegi berukuran 6 satuan. Kemudian kita mulai menempatkan ornamen di sudut kanan atas melalui kode perintah sebagai berikut.
\node[anchor=north east] at (vecbox.north east)
{\pgfornament[width=5cm,symmetry=v]{61}};
Width = 5 cm menunjukkan ukuran ornamen dalam dokumen dan bilangan 61 menunjukkan kode ornamen. Anda bisa mengganti ukuran ornamen dan jenis ornamen dengan mengganti bilangan sesuai dengan keinginan. Selanjutnya kita menempatkan ornamen di sudut kiri atas melalui kode perintah sebagai berikut.
\node[anchor=north west] at (vecbox.north west)
{\pgfornament[width=5cm]{61}};
Selanjutnya kita menempatkan ornamen di sudut kiri bawah melalui kode perintah sebagai berikut.
\node[anchor=south west] at (vecbox.south west)
{\pgfornament[width=5cm,symmetry=h]{61}};
Kemudian kita menempatkan ornamen di sudut kanan bawah melalui kode perintah sebagai berikut.
\node[anchor=south east] at (vecbox.south east)
{\pgfornament[width=5cm,symmetry=c]{61}};
Kemudian jika Anda ingin menuliskan teks di dalamnya bisa dilakukan dengan mengetikkan kode perintah sebagai berikut.
\rput (0,1){\textcolor{blue}{\huge Isikan teks di sini}};
\rput (0,0){\textcolor{blue}{\Large Atau di sini}};
Bilangan yang ada di dalam tanda kurung adalah posisi pada sumbu $x$ dan sumbu $y$, Anda bisa mengganti dan mengaturnya sesuai dengan keinginan. Terakhir, hilangkan atau tutup garis-garis bantu yang telah dibuat sebelumnya. Anda juga bisa mengatur lebar ornamen dengan mengganti bilangan pada opsi pgfornament. Hasil akhirnya seperti terlihat pada gambar berikut.
ornamen LaTeX

Ornamen seluruh tepi halaman

Setelah kita berhasil menempatkan ornamen pada tiap sudut halaman dokumen, selanjutnya kita akan menempatkan ornamen di seluruh tepi halaman. Perhatikan gambar berikut.
Ornamen di LaTeX
Kita akan mengisi bagian tengah antar sudut sebagaimana ditunjukkan oleh tanda panah tersebut. Ornamen pada gambar tersebut terlihat saling bersentuhan, hal ini dapat kita atur dengan cara mengatur ukuran dari masing-masing ornamen sehingga ujungnya bisa saling bersentuhan. Untuk ornamen pada tiap sudut  Admin menggunakan ornamen dengan kode bilangan 63, sedangkan ornamen pada bagian tengah adalah ornamen dengan kode bilangan 46. Kita mulai dari menempatkan ornamen pada bagian tengah atas. Ornamen tersebut dihasilkan dari perintah seperti terlihat pada kode perintah berikut.
\node[anchor=north] at (vecbox.north){\pgfornament[width=7cm,symmetry=h]{46}};
Selanjutnya kita akan menempatkan ornamen pada bagian kiri tengah. Agar posisinya vertikal mengikuti garis tepi, maka kita akan memutarnya sebesar $90^0$ melalui perintah rotate=90. Agar lebih jelas perhatikan kode perintah berikut.
\node[anchor=north,rotate=90] at (vecbox.west){\pgfornament[width=7cm,symmetry=h]{46}};
Selanjutnya untuk bagian bawah tengah kita menggunakan kode perintah berikut.
\node[anchor=south] at (vecbox.south){\pgfornament[width=7cm]{46}};
Dan untuk bagian kanan tengah agar posisinya vertikal mengikuti garis tepi, maka kita akan memutarnya sebesar $-90^0$ melalui perintah rotate=-90. Agar lebih jelas perhatikan kode perintah berikut.
\node[anchor=north,rotate=-90] at (vecbox.east){\pgfornament[width=7cm,symmetry=h]{46}};
Kita bisa membuat teks dan menyisipkan ornamen yang lain di dokumen yang kita buat, tidak hanya pada tepi halaman. Misalkan di sini Admin akan menyisipkan ornamen hewan. Ornamen hewan tersebut diperoleh dengan menggunakan kode perintah berikut.
\rput (0,3.3){\textcolor{Red}{\Large Singa mengejar kambing}};
\rput (-2,1.7) {\pgfornament[width=3.5cm ]{158}};
\rput (3,1.7) {\pgfornament[width=2.5cm ]{104}};
Kemudian juga misalkan ingin menyisipkan ornamen tumbuh-tumbuhan melalui kode perintah berikut.
\rput (0,-1.5) {\pgfornament[width=2.5cm ]{10}};
\rput (2,-2.3) {\pgfornament[width=1cm ]{10}};
\rput (-2,-2.3) {\pgfornament[width=1cm ]{10}};
Untuk penempatan ornamen hewan dan tumbuh-tumbuhan dapat diubah dengan mengganti bilangan yang terdapat pada tanda kurung (  ). Hasil akhir dari dokumen yang dibuat terlihat seperti gambar berikut.
Selain ornamen hewan, dan tumbuh-tumbuhan terdapat pula ornamen manusia dan lain sebagainya. Kesemua ornamen tersebut dapat kita pelajari dan unduh melalui dokumentasi paket pgfornament di sini.
Demikian artikel tentang menghias dokumen dengan ornamen LaTeX. Jika ada kesalahan silakan koreksi, jika belum paham mari ngopi sambil diskusi, dan jika ada masukan silakan tuliskan di sini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

PERHATIAN : Seluruh materi baik artikel, foto, video, dan logo yang terdapat di web www.silagebra.com, bebas dimanfaatkan oleh siapa pun untuk keperluan referensi dan non-komersial. Bagi siapa pun yang ingin memanfaatkan materi silagebra.com dengan cara mengutip, menyadur, memperbanyak dan atau menyebarluaskan sebagian atau seluruh isi materi tersebut, harus memenuhi ketentuan sebagaimana tercantum dalam halaman copyright atau silakan klik Touch Me. Terima kasih.
Comment Policy: Silakan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus